Hot News
Loading...

Agar Transistor Tidak Mudah Panas

Agar transistor lebih awet salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menjaga suhu transistor ini agar tetap dingin. Seperti peralatan elektronik lain,sebuah transistor ini bila sedang aktif / digunakan akan menjadi panas suhunya tergantung aliran listrik yang masuk kedalamnya besar ataukah kecil. Bila transistor ini terlalu sering overheating atau terlampau panas dapat menyebabkan pendeknya usia transistor. Iya kalau transistor yang rusak tersebut harganya murah dan mudah untuk didapat,kalau tidak bagaimana?.

Nah untuk mengakali agar transistor ini tidak naik suhunya dapat anda akali dengan trik trik berikut ini :

Plat pendingin.
Anda dapat menambahkan plat pendingin berupa kisi kisi yang terbuat dari aluminium agar panas transistor berpindah ke kisi kisi dan tersapu oleh angin sehingga suhu tetap terjaga.

Agar Transistor Tidak Mudah Panas





Tiang pendingin / rusuk .
Anda dapat melengkapi sebuah transistor dengan rusuk atau batang aluminium yang memiliki fungsi hampir sama dengan cara diatas.

Memasang blower.
Pasang kipas khusus pendingin berukuran kecil dan arahkan atau pasang posisinya tepat mengarah pada transistor yang biasa naik suhunya.

Agar Transistor Tidak Mudah Panas



Dengan menjaga suhu transistor ini tetap dingin selain membuat usia pakai menjadi lama,anda pun akan terhindar dari kerusakan komponen lain atau membuat hal hal yang tidak nyaman bagi anda.

Note***
Transistor yang naik suhunya menyebabkan tahanan yang terdapat didalamnya ini menjadi semakin kecil,otomatis bila hambatan mengecil maka arus yang melalui transistor menjadi naik / besar. 

Share on Google Plus

About kang mamad

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :