Hot News
Loading...

Apa Itu Dioda Dan Fungsinya

Apa itu dioda,apa fungsinya dioda,bagaimana cara kerja dioda? mungkin itulah segudang pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh anak sekolah yang baru mengenal yang namanya dioda. Bila kemungkinan ada diantara pembaca yang belum sepenuhnya mengerti dan paham disini saya akan menco memberikan ulasan singkat mengenai dioda.

Pengertian Dioda.
Dioda adalah salah satu komponen dasar elektronik semikonduktor yang dibuat secara khusus dengan bahan tertentu yang terdiri gabungan dua buah elektroda yakni anoda ( + ) dan katoda ( - ). ( Lihat sekilas bentuk batu batterai ya ). Anoda biasa disebut elektroda positif dan disingkat ( P ),sedangkan anoda disebut elektroda negatif dan biasa disingkat ( N ). Bila anda melihat bentuk batu baterai,ya hampir seperti itu lah kira kira,diujung satu adalah kutub positif dan di kutub lainnya adalah kutub negatif dan hanya dapat mengalirkan arus secara searah. bila terbalik tidak dapat mengalirkan arus,walaupun bisa maka arus yang lewat sangat kecil sekali.

Fungsi Dioda.
Seperti yang telah saya jelaskan diatas,fungsi utama dari dioda adalah sebagai penyearah arus,setiap arus yang hendak melewati kutub yang salah akan di stop ( tidak boleh lewat ). Karena fungsi yang unik inilah dioda dapat digunakan untuk mengubah arus dari tegangan bolak balik / AC menjadi arus searah atau DC. Untuk mengubah jenis tegangan ini pun dibutuhkan lebih dari satu buah dioda,tepatnya 4 dioda dan dapat digunakan untuk menyearahkan arus baik hanya setengah gelombang ataupun satu gelombang penuh. Berikut adalah rangkaian skema untuk penyearah tegangan dari travo CT.

skema rangkaian penyearah arus
skema rangkaian penyearah dari arus AC ke DC



Bila dipikir pikir Fungsi dioda ini mirip dengan katup buang dan katub hisap yang terdapat dalam mesin mobil bukan,namun pada dioda adalah versi elektrik dari fungsi katup tadi.

Simbol.
Untuk simbol dari dioda pada papan PCB / MotherBoard berupa tanda arah panah yang pada ujung panag terdapat garis melintang memotong arah busur yang diartikan arus dapat lewat dari ujung ini,sedangkan dari ujung lain arus tidak dapat masuk. 

simbol elektroda


Note***
Karena dioda hanya dapat dilewati oleh arus searah maka dalam pemasangan jangan sampai terbalik,bila tebalik bisa dipastikan rangkaian elektronik yang sedang anda kerjakan tidak dapat berfungsi.
Share on Google Plus

About kang mamad

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :